Sejarah dan Pengalaman Kami

Awal Mula Teknik ORTOPEDI Dikembangkan

Jauh sebelum tahun 1970, masyarakat di Indonesia memiliki keterbatasan cara untuk meningkatkan tinggi badannya. Tidak banyak yang tahu rahasia untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal. Pada saat itu, perkembangan dunia medis dan farmasi belumlah seperti sekarang, dimana rekayasa medis melalui teknik operasi, ataupun melalui rekayasi farmasi melalui formula kimia tertentu seperti saat ini mampu membantu jutaan orang untuk mendapatkan tinggi badan yang maksimal. Banyak justru teknik-teknik rahasia untuk meninggikan badan dikembangkan oleh individu-individu yang secara serius, disiplin dan konsisten mempelajari tentang hal ini. Salah satu dari individu tersebut adalah Bapak Basuki Aryanto.

Pak Basuki, begitu beliau disebut, adalah seorang yang memiliki ketertarikan terhadap banyak hal. “Kamus Berjalan!”, begitu ungkap orang-orang yang mengenal beliau. Ini tidaklah heran, karena buku adalah santapan harian wajib dalam setiap aktivitas beliau. Tidak ada buku pada masa itu yang terlewatkan dalam radar Pak Basuki Aryanto. Salah satu topik yang menjadi interest beliau pada saat itu adalah “Bagaimana Cara Meninggikan Badan”.

Rasa penasaran Pak Basuki Aryanto tentang topik ini bukan hanya dilakukan melalui telaah referensi di buku-buku, baik buku kedokteran maupun biologi, tetapi juga melakukan dialog dan pendekatan medis dengan dokter-dokter tulang dan ahli gizi yang jumlahnya masih sangat terbatas pada waktu itu. Beliau juga kerap bertukar pikiran dengan olahragawan dan terapis kebathinan, semua dilakukan untuk mendapatkan jawaban yang utuh tentang meninggikan badan.

Semua kesimpulan yang didapat Pak Basuki Aryanto dirumuskan dalam sebuah tulisan yang sistematis dan informatif, lengkap dengan alasan dan dasar keilmuannya. Dengan ketekunan dan keluasan wawasannya, Pak Basuki Aryanto berhasil membuat sebuah system dan cara baru meninggikan badan. Tidak sampai berhenti sampai disitu, beliau berusaha untuk membuktikan bahwa hipotesanya berhasil atau tidak. Maka mulai dari awal tahun 1966, beliau mempraktekkan teknik-teknik yang sudah beliau kembangkan pada dirinya sendiri, dan pada kerabat dan teman terdekat. Hasilnya sungguh mengejutkan; ternyata semuanya berhasil menambah tinggi badannya hanya dalam waktu 3 bulan. Terdorong oleh rasa penasaran, beliau mencoba untuk memperluas subyek praktek kepada siapa saja yang ingin dan sukarela untuk menjadi lebih tinggi.

Teknik Rahasia ORTOPEDI ‘Goes Nationwide’

Dikarenakan tingkat keberhasilan yang tinggi dari setiap subyek teknik rahasia ini, maka pada tahun 1970, Pak Basuki Aryanto mulai mencari cara bagaimana agar teknik ini mampu dirasakan manfaatnya oleh semua orang yang membutuhkannya secara luas, secara nasional. Mulailah beliau memperbaiki teknik penulisannya dan mencari partner yang dapat memasarkan teknik ini secara nasional. Untuk dapat memberikan asosiasi yang kuat terhadap teknik ini, maka dipilihlah nama ‘ORTOPEDI’ sebagai merek dagangnya. Teknik ORTOPEDI ini kemudian di-patent-kan di Indonesia melalui V-O Apparatus, yaitu satu-satunya alat bantu meninggikan badan di dunia yang mudah dibawa-bawa dan hanya dimiliki oleh ORTOPEDI.


Sebagian dari surat ucapan terima kasih dari para pelanggan tahun 1970-an

Sejak tahun 1970, secara resmi ORTOPEDI mulai dipasarkan secara nasional. Sedikit demi sedikit, visi untuk membantu masyarakat Indonesia untuk mampu meraih cita-citanya melalui tinggi badan yang ideal mampu diwujudkan. Sudah tak terhitung berapa ribu jumlah masyarakat yang mampu menikmati manfaat dari ORTOPEDI. Sebagai bentuk rasa terimakasih kepada ORTOPEDI, banyak diantara pelanggan yang mengirimkan secara sukarela ucapan terima kasih dan testimonial melalui surat, Tak jarang surat-surat itu datang dari pelosok Nusantara, dari Meulaboh di Banda Aceh hingga Sorong di Papua, dari Singkawang di Kalimantan Barat hingga Palopo di Sulawesi Selatan. Semua surat-surat tersebut terdokumentasi dengan baik di kantor ORTOPEDI, sebelum terjadi kerusuhan Mei 1998 yang habis membungihanguskan sebagian besar dari surat-surat tersebut.


Beberapa bentuk Iklan Cetak ORTOPEDI di era 80an dan 90an akhir.

Pada periode 1970-an akhir dan 1980-an, pemasaran ORTOPEDI dilakukan dengan lebih fokus kepada calon pelanggan yang lebih membutuhkan manfaatnya; kaum muda. Sehingga iklan ORTOPEDI dengan mudah dilihat pada media cetak seperti Komik dan majalah TTS. ORTOPEDI mencapai era kepopulerannya pada periode ini, karena iklan ORTOPEDI begitu masif bisa ditemukan hampir di semua komik impor pada saat itu, seperti Batman, Superman, dsb. Sehingga tidak heran, iklan ORTOPEDI menjadi salah satu icon era 80-an yang paling dikenal di Indonesia.


Berbagai variasi Iklan Cetak ORTOPEDI di era 80an dan 90an akhir.

Perjalanan ORTOPEDI Sejak ‘Krismon’ Hingga Saat Ini

Pada tahun 1998, Krisis Moneter dan suksesi politik di Indonesia membawa banyak perubahan dalam banyak hal, tidak terkecuali bagi ORTOPEDI. Kerusuhan 1998 membawa luka yang mendalam bagi ORTOPEDI sebagai salah satu korban dari peristiwa tersebut. Kantor dan gudang ORTOPEDI pada saat itu tidak luput dari aksi pembakaran dan penjarahan, ini menyebabkan kegiatan ORTOPEDI berhenti selama 1 tahun lamanya.

Pada tahun 1999, ORTOPEDI memulai kembali pemasarannya secara nasional. Dikarenakan adanya pergeseran konsumsi media, maka iklan ORTOPEDI sudah tidak ditemukan di Komik-komik seperti halnya di periode sebelum 90-an. Iklan ORTOPEDIpada saat itu bisa ditemukan di majalah-majalah remaja seperti Gadis, Aneka Yes, Teens, Dara, dll. Iklan ORTOPEDI juga bisa dilihat di tabloid-tabloid nasional yang booming pada saat itu seperti Cek & Ricek, Bintang Milenia, Wanita Indonesia dll.

Pada periode 2005-2012, tidak banyak informasi tentang ORTOPEDI yang bisa didapatkan oleh calon pelanggan. Pada periode ini, banyak calon pelanggan yang bahkan berpendapat bahwa ‘ORTOPEDI sudah tidak beroperasi’, ini dikarenakan terbatasnya informasi tentang ORTOPEDI, baik melalui iklan maupun advertorial. Pada periode itu, ada peningkatan dari aktivitas pengguna internet di Indonesia, sehingga banyak aktivitas pemasaran produk dan jasa yang sudah mulai bergeser ke online melalui website, forum dan sosial media. Sayangnya, ORTOPEDI belum masuk ke wilayah itu, sehingga lagi-lagi pembuat calon pelanggan bertanya-tanya tentang keberadaan kami.


Gambar Website Lama Ortopedi.

ORTOPEDI mulai serius masuk ke dunia online pada tahun 2012, dengan diluncurkannya www.ortopedi.co.id. Untuk memenuhi kebutuhan calon pelanggan yang non-berbahasa Indonesia, maka pada tahun 2013 diluncurkanlah situs berbahasa Inggris www.ortopedi.org. Kedua situs tersebut diluncurkan sebagai sebuah sarana pasif menginformasikan tentang ORTOPEDI, sayangnya pada saat itu, ORTOPEDI belum masuk ke social media seperti Facebook dan Twitter.

ORTOPEDI Saat Ini

Pada tahun 2015, ada sebuah dorongan kuat dari ORTOPEDI untuk kembali kepada Visi dan Misi-nya, seperti halnya awal permulaan ORTOPEDI didirikan pada tahun 1970 lalu. Visi dan Misi ini perlu untuk disosialisasikan secara luas, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas pula. Untuk mewujudkan ini, maka kami merasa perlu menggunakan media yang secara luas pula digunakan oleh mayoritas kaum muda di Indonesia; internet. Maka, mulailah kami meluncurkan website yang lebih menarik dan interaktif, dimana pengguna dapat saling berinteraksi melalui forum, menulis blog, dan menulis artikel. Website juga memudahkan calon pelanggan untuk membeli produk ORTOPEDI melalui fasilitas online shopping dengan fleksibiltas pembayaran, baik melalui transfer, debit, maupun maupun Kartu Kredit secara aman.

ORTOPEDI juga memperluas jangkauan informasinya melalui halaman resmi Facebook dan Twitter, dimana calon pelanggan dapat memantau isyu-isyu relevan mengenai karir dan kesehatan. 

Ke depan, ORTOPEDI akan terus mengembangkan diri untuk mampu mewujudkan impian jutaan kaum muda di Indonesia untuk meraih cita-citanya melalui penyempurnaan layanan jasanya. Nantikan terus perkembangan ORTOPEDI.